-->

Iklan

Iklan

Duta TNI Sukses Selesaikan Pendidikan Lemhannas Australia

Redaksi
Selasa, 01 Desember 2020, 5:02 PM WIB Last Updated 2020-12-01T10:02:06Z


Dikeprinews.com - Tiga prajurit terbaik TNI yang menjadi duta dari Matra Darat, Laut dan Udara berhasil menyelesaikan pendidikan setingkat Lemhannas / Defence Strategic Studies Course (DSSC) dan diwisuda bersama 53 peserta lainya, bertempat di Australian War College (AWC), Weston Creek Canberra, Australia, Senin (30/11/20).



Tiga duta TNI tersebut adalah Kolonel Inf David Hutagaol merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1991, Kolonel Laut (S) Yusliandi Ginting, SE., MMP lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun1993 dan Kolonel Pnb Irwan Pramuda lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1994. Ketiga prajurit TNI ini berhasil menyelesaikan pendidikan DSSC yang berlangsung selama 11 bulan diikuti oleh 53 siswa lainnya yang terdiri dari 33 siswa Australia dan 23 siswa Mancanegara dari berbagai kawasan seperti Afrika, Amerika, Asia Pasifik, Asia Timur, Asean, Canada dan Timur Tengah.


Meskipun dalam situasi pandemi Covid-19, pendidikan DSSC tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Penyelenggaraan pendidikan sangat fluid dengan menerapkan metode pembelajaran interaktif sehingga setiap siswa dituntut untuk memberikan pandangannya tentang isu yang dibahas. Sementara itu keikutsertaan siswa Mancanegara semakin memperkaya cara pandang dan pemahaman budaya dari setiap negara peserta dalam menghadapi suatu pokok masalah serta solusinya dikaitkan dengan teori dan referensi yang dikaji selama pendidikan.


Dalam sambutan penutupan pendidikan, Gubernur General Australia General (ret) David Hurley menyatakan bahwa pendidikan DSSC memberikan kesempatan kepada para calon pemimpin masa depan angkatan bersenjata di seluruh belahan dunia untuk memelihara perdamaian dunia yang didasarkan pada aturan bersama (rules based global order) dalam rangka menghadapi tantangan global yang semakin komplek dan dinamis.


Sementara itu disela sela upacara, Atase Pertahanan (Athan) RI di Canberra Laksma TNI Agus Rustandi menyampaikan rasa bangga atas kelulusan para duta militer Indonesia dalam mengikuti pendidikan bergengsi di AWC, Australia. Athan RI yakin bahwa hubungan kerjasama antara TNI dan ADF dalam bidang pertukaran pengetahuan dan personal contact akan semakin erat dan komprehensif di masa mendatang.


Turut hadir dalam wisuda tersebut Chief of Defence Force General Angus Campbell, Chief of Army Let Gen Rick Burr, Chief of Navy Vice Admiral Michael Noonan, Chief of Air Force Air Marshal Mel Hupfeld, Commandant AWC MajGen Mick Ryan dan Athan RI di Canberra Laksma TNI Agus Rustandi.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Duta TNI Sukses Selesaikan Pendidikan Lemhannas Australia

Terkini

Topik Populer

Iklan