Iklan

Iklan

Bantuan dari PSMTI dan Indomaret diterima langsung oleh Wali Kota Batam

Redaksi
Kamis, 16 April 2020, 4:49 PM WIB Last Updated 2020-04-16T09:49:15Z
Batam - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Batam kembali mendapat bantuan logistik. Kamis (16/4), bantuan datang dari Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) dan Indomaret.

Sebanyak 200 ribu masker diberikan kepada Gugus Tugas untuk dibagikan ke masyarakat. Bantuan diterima langsung oleh Wali Kota Batam sekaligus Ketua Gugus Tugas Covid-19 Batam, Muhammad Rudi.

“Hari ini PSMTI bantu masker 200 ribu. Masker ini sangat dibutuhkan untuk menjaga agar tidak terjadi perpindahan virus dari manusia ke manusia,” tutur Rudi.

Selain itu, berdasarkan informasi dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, akan ada tambahan masker bantuan dari Singapura.

“Provinsi dibantu 1 juta masker yang dihimpun Duta Besar Indonesia di Singapura. Informasinya dari Jakarta nanti akan langsung ke Tanjungpinang. Saya sudah sampaikan ke Pak Isdianto (Plt Gubernur Kepri), boleh lah Batam dibantu lagi,” tuturnya.

Rudi mengatakan kebutuhan masker ini besar sekali. Karena masker yang dibagikan bersifat satu kali pakai. Sementara tenaga medis bisa mengganti masker sampai berkali-kali. Masyarakat juga banyak menggunakan terutama mereka yang sakit. Sedangkan untuk warga yang sehat, dianjurkan mengenakan masker kain saja.

“Warga Batam ada 1,3 juta orang. Kita asumsikan setengah saja yang pakai masker, karena setengahnya berdiam di rumah, maka dibutuhkan ratusan ribu masker. Masker ini sekali pakai, maka kita butuh sangat banyak,” ujarnya.

Masker ini langsung dibagikan ke Dinas Kesehatan, rumah-rumah sakit baik milik pemerintah maupun swasta, serta otoritas kesehatan lain seperti BTKLPP dan KKP. Selanjutnya, masker juga dibagikan kepada 21 Puskesmas dan kecamatan se-Kota Batam. Kemudian juga diberikan kepada instansi vertikal yang ada di Batam seperti Polda Kepri, Guskamla Koarmada I, Lanal Batam, Polresta Barelang, Kodim 0316/Batam, Batalyon Raider Khusus 136/Tuah Sakti, Batalyon Marinir-10/Satria Bhumi Yudha, Denpom, Kejaksaan Negeri Batam, Pengadilan Negeri Batam.

Selain itu juga terdapat bantuan 500 alat pelindung diri (APD) yang dibagikan kepada 10 rumah sakit swasta di Batam.

Sementara itu, bantuan yang diberikan Indomaret antara lain berupa masker anti bakteri sebanyak 9.000 lembar, masker kain 1.080 lembar, susu, air minum pH tinggi, serta minuman vitamin C.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bantuan dari PSMTI dan Indomaret diterima langsung oleh Wali Kota Batam

Terkini

Topik Populer

Iklan