-->

Iklan

Iklan

Presiden Cina Yakin Bisa Kalahkan Virus Corona

Redaksi
Rabu, 29 Januari 2020, 5:55 PM WIB Last Updated 2020-01-29T10:55:39Z

DikepriNews.com, Jakarta - Presiden Cina, Xi Jinping meyakinkan kepada Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus bahwa pihaknya akan memenangkan pertempuran melawan setan virus corona yang total telah menewaskan 106 orang di penjuru dunia. Optimisme itu disampaikan saat Ghebreyesus berkunjung ke Cina pada Selasa, 28 Januari 2020.

“Virus ini adalah setan dan kami tidak bisa membiarkan setan bersembunyi,” kata Presiden Xi, seperti dikutip dari reuters.com.

Presiden Xi Jinping saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Inggris, Philip Hammond di Bandara Heathrow, London, 19 Oktober 2015. Lawatan itu merupakan kelanjutan dari perjalanan Menteri Keuangan Inggris George Osborne ke Tiongkok bulan lalu. REUTERS/Toby Melville

Sejumlah negara sedang berencana untuk mengevakuasi warga negaranya dari Wuhan, Ibu Kota Provinsi Hubei yang berpenduduk sekitar 11 juta jiwa. Kota wuhan diduga sebagai sumber penyebaran virus mematikan itu.

“Cina akan memperkuat kerja sama internasional dan menyambut partisipasi WHO dalam pencegahan virus ini. Kami sangat yakin WHO dan komunitas internasional lainnya akan memberikan ketenangan, objektif dan penilaian yang rasional terhadap virus corona. Cina sangat yakin akan memenangkan pertempuran melawan virus ini,” kata Presiden Xi.

Juru bicara WHO menjelaskan, Ghebreyesus dan Presiden Xi dalam pertemuannya mendiskusikan sejumlah cara untuk melindungi masyarakat Cina dan WNA di area-area yang terdampak virus corona dan membuat sejumlah kemungkinan evakuasi. Horor virus corona telah mendesak Cina menerbitkan larangan bepergian dan memperpanjang libur tahun baru. Bursa saham Cina anjlok, harga minyak turun hingga ke level terendah dalam tiga bulan dan mata uang yuan juga melemah.

Sebuah panel WHO yang terdiri dari 16 ahli independen pada dua minggu lalu menolak mendeklarasikan status darurat internasional menyusul penyebaran virus corona. Juru bicara WHO menyebut naiknya kasus pasien terjangkit virus corona di Cina dan kematian oleh virus ini tidak perlu menjadi pendorong pemberlakuan status darurat.
Sumber:Tempo.co
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Presiden Cina Yakin Bisa Kalahkan Virus Corona

Terkini

Iklan