Buang Rokok Sembarangan Mengakibatkan Hutan Lindung Terbakar

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Buang Rokok Sembarangan Mengakibatkan Hutan Lindung Terbakar

Redaksi dikeprinews.com
Selasa, 19 November 2019
Dikeprinews.com, Batam - Berawal dari membuang puntung secara tidak sengaja mengantarkan terdakwa Ilbi Rinaldi duduk di kursi persidangan, Selasa (19/11/2019).


Dalam kesaksiannya Ilbi mengakui dirinya tidak berniat untuk melakukan pembakaran hutan. "Apalagi hutan yang terbakar itu adalah hutanlindung," kata Ilbi dihadapan majelis hakim pengadilan negeri kota Batam yang dipimpin oleh ketua majelis hakim Jasael Manulang, Muhammad Candra, Elfrida Yanti dan dihadiri oleh Jaksa Penuntut Umum, Frishesti Putri Gina serta kuasa hukum terdakwa, Rasid.

Ilbi mengaku bahwa dirinya diperintahkan oleh temannya atasnama Mariono.

"Saat diperintahkan oleh Mariono dirinya mengetahui lahan tersebut kepunyaan dari Mariono dengan menunjukkan dokumen hak pengelolaan (HPL). Berdasarkan hal tersebut membuat dirinya mulai melakukan pekerjaan untuk menebang pepohonan di lokasi," terang Ilbi.

Ilbi melanjutkan sedang melakukan penebangan pohon dirinya mengisap rokok dan membuang puntung rokok tersebut tanpa memadamkannya terlebih dahulu.

"Puntung rokok membakar tumpukan ilalang, selanjutnya melanjutkan pemotongan ranting-ranting pohon," ujar Ilbi.

Ilbi tidak menyadari angin saat itu kencang sehingga terjadilah kebakaran hutan tersebut. "Semua kejadian tersebut bukan disengaja," tutup Ilbi. (JP)