BADAN PERENCANAAN PENELITIAN DAN PEMBANGUNAN DAERAH (BP3D) NATUNA Uji Publik II KLHS RPJMD 2005-2025

Iklan Semua Halaman

Header Menu

BADAN PERENCANAAN PENELITIAN DAN PEMBANGUNAN DAERAH (BP3D) NATUNA Uji Publik II KLHS RPJMD 2005-2025

Redaksi dikeprinews.com
Rabu, 06 November 2019


DikepriNews.com, Natuna - Wakil Bupati Natuna (Dra. Hj. Ngesti Yuni Suprapti, MA) membuka acara Uji Publik II penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategi (KLHS) Perubahan RPJPD Kabupaten Natuna tahun 2005-2025 yang dilaksanakan oleh Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (BP3D) Natuna di Gedung Sri Srindit - Ranai, Rabu pagi (6/11/2019). Wakil Bupati Natuna (Dra. Hj. Ngesti Yuni Suprapti, MA) mengharapkan, pada uji publik Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Natuna tahun 2005 – 2025 ini, dapat menghasilkan masukan untuk program pemerintah. “Saya berhadap peserta dapat memberikan masukan terkait program dan kegiatan, sesuai dengan hasil dari perumusan skenario pembangunan berkelanjutan dan kepada semua pihak, baik swasta dan masyarakat agar dapat memberikan kontribusinya terhadap pembangunan daerah sesuai tugas pokok dan fungsinya", Imbuh sang Wakil Bupati Natuna.




Menurutnya, pelaksanaan KLHS dalam penyusunan dan perubahan RPJMD/RPJPD menjadi pertimbangan dalam perumusan kebijakan pembangunan rencana daerah. KLHS memandu Pemerintah Daerah dalam melaksanakan amanat Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 59 tahun 2017, tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. “Saya harap melalui momentum ini, kita dapat merumuskan skenario pembangunan berkelanjutan. Berupa alternatif proyeksi kondisi pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan", Tutur Bunda Ngesti. Wakil Bupati Natuna menambahkan, alternatif proyeksi hasil KLHS perubahan RPJPD ini, menjadi dasar dalam merumuskan sasaran dan strategi arah kebijakan, akan diintegrasikan kedalam dokumen perubahan RPJPD Kabupaten Natuna tahun 2005-2025. Ketua FGD uji publik II perubahan RPJPD Kabid Dalitbang Bapedda (Hendri Dunan) mengatakan, latar belakang perencanaan pembangunan merupakan proses susunan rangakaian kegiatan yang melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan guna untuk mendapatkan kesejahteraan sosial dalam jangka waktu tertentu.



Hal ini dapat dilihat dari penyusunan RPJPD strategis untuk priode 2005-2025. Lanjut Hendri Dunan,Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Kabupaten Natuna adalah sebagai berikut ; 1. Mengakhiri kemiskinan dalam segala bentuk dimanapun. 2.Menjamin kehidupan yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan seluruh penduduk semua usia. 3.Menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkat kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua. 4.Menjamin ketersediaan serta pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan. Membangun infrastruktur yang tangguh, meningkatkan industri inklusif dan berkelanjutan, serta mendorong Inovasi. Turut hadir pada kesempatan itu, Wakil Ketua II DPRD Natuna (Daeng Ganda Rahmatullah), Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Boy Wijanarko), FKPD dan tamu undangan lainnya. Bertintak sebagai narasumber, (Prof.Dr.Ir.H.Syarifuddin Kadir, M.Si) dari Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Universitas Lambung Mangkurat, Kalimantan Selatan. Kegiatan dilaksanakan selama satu hari.