-->

Iklan

Iklan

Sekda Natuna Buka Diklat Bahasa Inggiris Pemandu Wisata Dukung Geopark Nasional .

Redaksi diKeprinewscom
Jumat, 04 Oktober 2019, 12:04 AM WIB Last Updated 2019-10-29T12:59:37Z
Natuna - Sekretaris Daerah pemerintah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi, S.Sos membuka resmi kegiatan pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja “Bahasa Inggiris” Pemandu Wisata (Tour Guide) Digelar di Balai Pelatihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Natuna, Kepri, Kamis (03/10/2019) pagi.


Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Natuna Hussaini menuturkan kegiatan ini terlaksana atas kerjasama lembaga Choise English Course, Kota Pare, Kediri, Jawa Timur, mendatangkan Dua tenaga pembimbing Choise English Course, yakni, Slamet Raharjo dan Bentri Dwi Jannah untuk kelas di Speaking (percakapan) digelar di BLK Dinaker Natuna, Kamis (03/10/2019). Pembukaan kegiatan diklat bahasa Inggiris ditandai dengan pemasangan tanda peserta dan penyerahan Kartu BPJS Tenaga kerja oleh Sekda Natuna, dilaksanakan mulai tanggal 03 Oktober – 02 Desember 2019. Diikuti 16 peserta penggiat wisata dari sejumlah Kecamatan se-Kabupaten Natuna, di Bawah bimbingan lembaga Choise English Course, Kota Pare, Kediri, Jawa Timur. Dalam sambutanya Siswandi mengatakan Natuna sedang giat mengembangkan sektor parawisata dan Perikanan, khusus pariwasata telah dilaksanakan berbagai festival Wisata tahunan seperti Yards sail to Natuna, dan festival layang-layang Internasional untuk menarik wisatawan mancanegara.


Pembukaan diklat bahasa Inggiris bagi pemandu Wisata ditandai penyematan tanda peserta oleh Sekda Natuna. Sejalan dengan itu, kata Siswandi dibutuhkan pemandu Wisata yang handal sehingga para touris yang berkunjung ke Natuna akan merasa nyaman. Sebab kedepan tidak tertutup kemungkinan Natuna akan banyak dikunjungi dari berbagai negara seperti Amerika, Eropa dan Australia akan membutuhkan pemandu Wisata. Namun untuk meningkatkan sektor Pariwisata ini selain Dinas Pariwisata, harus bisa bersinergi semua pihak baik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) misalnya Infrastrukturnya dikerjakan Dinas Perkim, kebersihannya BLH dan termasuk juga disnaker. Sebab luas Natuna hampir 90 persen adalah laut, maka potensi yang cocok dikelola adalah pariwasata. ” Jangan nanti menjadi penonton dinegeri sendiri, ” ucapnya. Dia meminta kepada Disnaker selain kursus bahasa Inggiris bisa juga dibuka kursus Diving kedepan, dan kepada peserta Diklat diharapkan untuk mengikuti kegiatan ini dengan serius juga untuk membuka lapangan kerja bagi pemandu Wisata di Natuna.


Sekda Natuna juga menyerahkan Kartu BPJS bagi peserta diklat kepada Perwakilan peserta diklat bahasa Inggiris diacara pembukaan. Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Natuna, Hussaini menuturkan tujuan kegiatan ini adalah untuk membekali kemampuan pemandu Wisata dalam Bahasa Inggiris bagi para pekerja, terlebih Natuna juga telah ditetapkan sebagai kawasan Geopark Nasional berstandar Internasional. Selain itu para peserta Diklat juga telah diasuransikan BPJS Tenaga Kerja selama mengikuti pelatihan, ujarnya. Husaini menjelaskan kegiatan ini terlaksana atas kerjasama lembaga Choise English Course, Kota Pare, Kediri, Jawa Timur, mendatangkan Dua tenaga pembimbing Choise English Course, yakni, Slamet Raharjo dan Bentri Dwi Jannah untuk kelas di Speaking (percakapan), Vocabulary (Kosakata) dan Lecture (ceramah) untuk paket tiga bulan. Keduanya merupakan lulusan Bahasa Inggiris Tahun 2019 telah teruji, bahkan kata Husaini, di Kota Pare lebih dari Dua ratusan lembaga Bahasa Inggiris telah berdiri sehingga daerah itu lebih dikenal dengan kampung Bule, paparnya. ” Para peserta nanti akan melakukan praktek lapangan mengunjungi tempat Wisata di Alif Stone, Batu kasah dan lokasi lainya menggunakan percakapan Bahasa Inggiris, sehingga akan lebih mudah dan cepat untuk mengusai Bahasa Inggiris,” ucapnya. Diakhir kegiatan ini peserta akan mendapatkan sertifikat Bahasa Inggiris yang dikeluarkan oleh lembaga Choose English Course bekerjasama dengan pemerintah daerah, tandasnya.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sekda Natuna Buka Diklat Bahasa Inggiris Pemandu Wisata Dukung Geopark Nasional .

Terkini

Topik Populer

Iklan